Monday, July 21, 2014

Tomat Rebus, lbh memiliki guna utk laki-laki

mampir yuk di tips cara agar cepat hamil. Mengkonsumsi tomat rebus trnyta sngt memiliki guna bg laki-laki. bhkn lbh memiliki manfaat daripada mengkonsumsi tomat mentah. "Soalnya, bila direbus, likopen dlm tomat akn keluar," kata dkter ahli gizi klinis, Samuel Oetoro, dlm diskusi di toko buku Kinokuniya, Rabu, 13 Februari 2013.

sesudah direbus, tomat tsb perlu ditambhkn minyak supaya gampang diserap usus. "cmprannya, ya, minyak yg sehat sperti minyak zaitun/minyak kanola," kata dkter yg berpraktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi ini. mengapa Likopen ini penting?

Likopen, kata Samuel, mempunyai efek hipertropi pd prostat yg hny trdpt pd laki-laki. namun, matriks senyawa fitokimia ini sulit terurai bila tomat dikonsumsi mentah. "Ikatannya tak bisa terlepas bila tak dipanaskan," kata Samuel. Jadi, utk memperoleh zat aktif ini terpaksa mesti mengorbankan senyawa aktif lain yg ada di tomat, sperti vit C & A yg akn hlg bila dipanaskan.

utk menggantikan 2 pengorbanan vit tsb, Samuel menganjurkan, supaya para laki-laki jg mengkonsumsi aneka buah & sayuran lain. Jadi, kehlgan vit bisa terckpi. "paling tidak 10 mcm buah dg aneka warna," dia menambhkn.

Nah, bg kaum wanita, Samuel mmberikn plihan. Bisa meniru dg mengambil mnfaat likopen/boleh jg utk ttap mengkonsumsi yg mentah demi vit A & C yg tidak tahan panas.

Pola konsumsi tomat rebus itu pun telah dijalani Erwin Parengkuan. Pembawa acara, penyiar radio, & dosen ini sll mengkonsumsi tomat rebus. "Saya minum 3 buah tomat rebus tiap hari," kata ayah 4 anak ini. Saban hari, asisten rumah tangganyalah yg ditgsi bikin minuman tnpa rasa itu. namun, laki-laki 43 thn ini tidak jemu utk mengkonsumsi tomat rebus serta bubur kacang hijau tnpa rasa. "Saya sadar ini utk tubuh saya," kata dia

tempo.co

Ingin Liver Anda Sehat? hndri 5 Makanan Ini

mampir ke website agar cepat hamil. slh 1 organ tubuh yg paling sbk tiap hari ialah hati. Hati brfngsi menyaring racun & bikin enzim. Hati bekerja sepnjg hari utk mmastikn tubuh kita memperoleh nutrisi yg diperlukan serta mnjganya dr racun, jg menyaring udara saat kita bernafas.

saat hati tak bekerja dg baik mngkin kita akn mrsa lemah, murung, & kembung. dlm bbrp kasus, bhkn mjd lbh kerap lapar.

mnrut American Liver Foundation, penyakit hati yg tak dipicu mengkonsumsi alkohol menjangkiti 1 dr 4 orang di AS. biasanya, berawal dr makanan yg memicu penyakit degeneratif pd hati sperti makanan cepat saji, karbohidrat olahan, & trllu banyak gula.

Untungnya ada banyak yang dapat kita lakukan utk mmbntu mnjga hati ttap sehat & bersih. Caranya ialah dg menghndri makanan yang bisa memicu fngsi hati mjd lemah.

Situs Chicago Now mengurai 5 makanan yg lebih baik dikurangi konsumsinya utk mnjga hati ttap prima, yakni:


Sodium
Makanan yg mengandung sodium tinggi biasanya brsl dr makanan kalengan sperti sop instan. dlm jmlh normal sodium mmbntu mengatur cairan dlm tubuh dr tekanan darah. tapi trllu banyak sodium dpt memicu klbhn cairan dlm hati. Makanan yg mengandung banyak sodium antra lain: daging, keju, pizza, kecap.

Sirup jagung tinggi fruktosa
Makanan & minuman yg mengandung sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS) menimbulkan kerusakan pd hati Anda. Orang Amerika mengkonsumsi 12 % total kalori dr fruktosa yg sebagian besar dlm bntuk HFCS yakni soft drink, yg biasanya mengandung 55 % fruktosa. riset yg dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition mnnjukkan jika banyak mengkonsumsi fruktosa dpt memicu kerusakan hati. Makanan yg biasanya mengandung HFCS tinggi meliputi: Soda, puding, snack buah, sereal bar, yogurt, roti & crakers.

Lemak trans
Lemak trans trdpt pd makanan yg mengandung minyak terhidrogenasi scra parsial/minyak yg mengandung lemak jenuh pd makanan olahan sperti yg biasa dibeli di toko kue. Lemak trans jg cepat mningkatkn kolesterol jahat. jgn terkejut bila lemak trans terkandung dlm makanan sperti: craker, cookies, biskuit, dressing salad, & popcorn yg dibuat dg microwave.

Buah olahan
Makanan yg mengandung gula buah tinggi/fruktosa sperti kismis & jus buah instan mngkin sekilas tampak lezat & alami, namun blm tentu bagus bg hati Anda. trllu banyak fruktosa dpt memicu disiplidemia,/jmlh abnormal lemak dlm darah. mnrut riset yg dipublikasikan dlm jurnal Hepatology thn 2013, fruktosa terkait erat dg penyakit hati & peradangan. Mengkonsumsi dlm porsi wajar tidak mslh bg tubuh, namun bila trllu banyak dpt memicu mslh pd hati. yg perlu dihndri antra lain: kismis, trail mix, & madu olahan.

Makanan yg digoreng
Kita semua tahu jika gorengan trtma dr restoran cepat saji mempunyai efek negatif pd hati. Kentang goreng/ayam goreng renyah isi keju, mempunyai efek buruk pd hati, mirip dg hepatitis. Makan makanan yg digoreng jg mningkatkn kolesterol jahat. Makanan yg perlu diwaspadai antra lain: goreng-gorengan, kentang goreng, roti sandwich, stik mozarella, & donat.

tempo.co

Manfaat Tidur Siang di tmpat Kerja

Jalan2 ke tips cepat hamil. Tidur siang trnyta berbanding lurus dg prduktivitas kerja. Banyak tokoh-tokoh dunia mlakuknnya. Sebut sj, Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einsten, & Thomas Edison.

Mungkin keg ini tampak kekanak-kanakan. namun di era digital sperti skrg, kbthan akn tidur siang kian mutlak. "Kehidupan moderen bgtu panik & stress shg kita benar-benar butuh istrht," kata penulis buku The Practical Napper, Jennifer Eyre White, Senin, 9 Januari 2012.

White mngakui banyak orang tak mengerti mnfaat tidur siang. pdhl, tidur siang bisa mningkatkn prduktivitas & kreativitas karyawan.

Sebuah studi di Univ New York mnemukn bkti perbaikan daya ingat kpd sukarelawannya saat mrka tidur siang slma 45 menit tiap hari. mnfaat lainnya ialah mnrunkan tekanan darah. Sebuah studi lainnya jg mnnjukkan para depresi pd remaja akn berkurang bila mrka tidur siang.

Spanyol mrpkan negra yg sngt ketat dg jdwl tidur siangnya/kerap disebut siesta. Sekolah-sekolah di Cina menerapkan tidur siang kpd para murid sesudah mrka makan siang.

Perusahaan raksasa, sperti Google, The Huffington Post, & The New York Times, sudah merelakan slh 1 ruang kerjanya utk tmpat tidur siang para karyawan.

Tidak ada yg slh utk tidur siang. tapi, ada cara yg slh saat bangunnya krn kadang-kadang akn terasa pusing. utk menghndri hal itu, lebih baik batasi tidur siang antra 20 sampai 90 menit.

tempo.co

Manfaat Plum bg Tulang

baca juga artikel mengenai tips cepat hamil. Buah ini mngkin dknl dg gunanya utk mngtasi sembelit, namun nyatanya ia mempunyai mnfaat lain bg kshatn orang. Para ilmuwan mnemukn jika perempuan yg sudah mnglami menopause akn terhindar dr serangan osteoporosis & patah tulang dg memakan plum sktr 10 buah tiap harinya.

dilansir dr laman Daily Mail, Jumat, 19 Agustus 2011, Univ Florida & Oklahoma sudah membktikn plum yg dikeringkan trnyta lbh memiliki manfaat dbnding buah ara, kurma, stroberi, apel,/kismis kering utk mningkatkn kpdtan tulang. Plum bekerja utk mnekan kerusakan tulang yg biasanya trjdi ketika setelah seseorang kian bertambah.

"Sepnjg karier sy sudah menguji banyak buah utk mlhat efeknya trhdp tulang. namun tak prnh ada yg mempunyai efek sebaik buah plum," Kata Bahram H. Arjmandi, profesor dr Univ Florida, yg jg Kepala Departemen Ilmu Nutrisi, Makanan, & Olahraga Amerika.

Semua buah & sayuran, katanya, mengandung nutrisi yg baik. tapi hny bbrp dr mrka yg mempunyai kandungan yg memiliki manfaat bg tulang.

Arjmandi bareng dg seklmpk peneliti mlakukn uji coba bg 2 klmpk perempuan menopause. slma sethn, klmpk pertama yg terdiri dr 55 orang perempuan diminta memakan 100 gram plum kering/paling tidak 10 buah per hari. sdgkn klmpk yg satunya diminta memakan buah apel yg dikeringkan dg takaran yg sama.

Berdsrkan riset itu tampak semua peserta uji coba memperoleh kalsium & vit D dr kedua makanan itu. tapi klmpk yg memakan plum kering mempunyai kandungan mineral yg bikin tulang lbh padat di bagian ulna dbnding dg klmpk lainnya. Ulna ialah slh 1 dr 2 tulang pnjg yg trltak di lengan bawah & tulang blkg.

"Dalam lima-tujuh thn pertama sesudah mnglami menopause, perempuan bersko kehlgan tulang sktr 3-5 % per thn," kata Arjmandi. "tapi hal itu bukan hanya trjdi pd perempuan, laki-laki berumur sktr 65 thn pun akn mnglami hal yg sama sperti perempuan."

Ia menganjurkan jgn menanti sampek tulang Anda patah/mnglami osteoporosis & mesti memperoleh perawatan dkter. "Lakukan sesuatu yg bermakna & praktis, sperti memakan buah ini. Plum dpt dikonsumsi dlm bntuk apa sj & dijadikan sbg resep masakan."

tempo.co

Manfaat Susu Sepnjg Hayat

visit situs tips cara agar cepat hamil. Ridwan Setiawan kecil sngt suka susu. "Pokoknya, bila nangis krn apa pun--jatuh, berantem,/dimarahin bapaknya--diamnya ya cm dikasih susu," kata Eti Nurbaeti, ibu Ridwan. 2 adik Ridwan, Rizki & Rinto, jg minum susu, walau tidak sebanyak sang kakak. Eti, 50 thn, msh ingat, 20 thn lalu, dia terpaksa mencmpr susu dg tepung supaya susu kaleng 2,5 kg bisa ckp utk sebulan.

"bila enggak dicmpr, anggaran rumah tangga habisnya buat susu si Ridwan doang," kata Eti, mengenang. saat ini Ridwan, 26 thn, tumbuh mjd pria bertubuh besar & atletis. Tingginya 182 sentimeter & berbobot 80 kg. Ridwan tertinggi & besar di antra 2 saudaranya yg lain. sampai sekarang ini Ridwan msh mengkonsumsi susu, walau tidak sebanyak waktu kecil dulu.

Banyak dr kita menyadari mnfaat susu bg pertumbuhan anak. tapi, mnrut Dr Samuel Oetoro, SpGK, susu bukan hanya diperlukan slma masa tumbuh-kembang anak. "Seumur hidup orang memerlukan susu," kata dosen konsulen gizi klinis Fakultas Kedkteran Univ Indonesia itu dlm peluncuran kampanye "Raih Esokmu" di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Jumat lalu.

Pada thn-thn pertama kehidupannya, seorang bayi memerlukan air susu ibu. Di umur balita, anak, & remaja, susu diperlukan utk memberi dukungan proses tumbuh-kembang, mmbntu anak mempunyai ingatan yg lbh baik, serta mengurangi jmlh anak tumbuh pndek. Minimnya konsumsi susu pd anak akn memicu pertumbuhan yg lambat. Di umur ini, susu jg memiliki manfaat utk menabung kalsium. "Di umur 30 thn, kemampuan tulang dlm menyerap kalsium berkurang, & kalsium dlm tulang mulai dkeluarkn," kata Samuel.

bila kadar kalsium dlm tulang berkurang, bkn mustahil pengeroposan tulang (osteoporosis) trjdi. "Di Indonesia, insiden osteoporosis ckp tinggi," kata Samuel. Data Pusat riset & Pengembangan Gizi Kementerian kshatn mnnjukkan 41,8 % pria & 90 % wanita Indonesia mempunyai gjla osteoporosis. sdgkn 28,8 % pria & 32,3 % wanita di Indonesia terserang osteoporosis.
Di Indonesia, jmlh konsumsi susu msh rendah, walaupun trs mnngkat. Data South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) 2008 mnnjukkan konsumsi susu di Indonesia sebanyak 7,7 liter per kapita per thn. pd 2010, data Kementerian Pertanian mnnjukkan konsumsi susu di Indonesia sebanyak 11,7 liter per kapita per thn.

tapi konsumsi susu itu msh ckp rendah dbnding dg negra-negra Asia Tenggara lainnya, sperti Thailand dg 31,7 liter per kapita per thn, & bhkn Vietnam dg 12,1 liter per kapita per thn. Finlandia sndri mrpkan negra dg konsumsi susu paling tinggi di dunia dg 130 liter per kapita per thn.
Hendro H. Poedjono, Trade Marketing Director Frisian Flag Indonesia, mnybutkan, pertumbuhan konsumsi susu cair mnngkat lbh dr 20 % per thn di Indonesia. "Ini mnnjukkan kecndrungan gy hidup msyrkt Indonesia yg kian praktis," kata Hendro.

mnrut Samuel, slh 1 cara menckpi kbthan gizi harian ialah dg mengkonsumsi susu paling tidak 2 gelas sehari. Segelas susu mengandung sumber nutrisi paling baik. bkn cm kalsium, namun jg karbohidrat, protein, lemak, & vit B1, B6, B12, A, serta D. disamping itu, ada laktofenin, yakni zat yg sngt penting utk menstimulasi kekebalan, & osteoprotogenik, yg brfngsi mentransfer kalsium utk masuk ke dlm tulang serta matriks tulang yg mmbntuk tulang sempurna.



tempo.co

Kuatkan Saraf dg Renang

visit this web cara agar cepat hamil. "Kaki... kaki... kakinya ayun yg kuat." Bambang Darmaji, pelatih renang di Fitness Center Manggala Wanabakti, Jakarta, mmbri aba-aba kpd Enny--bkn nama asli--yang baru belajar berenang gy bebas. Enny ialah murid baru Bambang. & renang sbnrnya bknlah olahraga Enny, yg biasa joging 2 kali dlm sepekan.

Pekerja swasta di Jakarta Selatan itu mulai belajar berenang krn dkter mewjbkannya. Renang dibutuhkan utk mmbntu mngtasi gangguan saraf pd pinggang Enny lantran terpeleset & jatuh dr tangga di rumahnya 7 bulan lalu. Pergelangan tangan, siku, & pinggang sebelah kirinya terbentur tangga. Pergelangan & sikunya mnglami luka, namun pinggangnya yg paling parah.

Semula ia mengacuhkan rasa sakitnya bila trllu banyak duduk/trllu lama brjln kaki sesudah kecelakaan itu. Lama-kelamaan, ia tidak tahan. Foto sinar-X mnnjukkan tak ada tulang yg cedera, namun sarafnya terganggu shg trjdi peradangan.
utk memulihkan cedera itu, dkter spesialis akupunktur yg menangani Enny mewjbkannya menjalani terapi akupunktur 2 kali sepekan, mengenakan korset khsus utk memperkuat pinggul & pinggang (lumbo sacral) sepnjg hari, serta berenang. dkter menganjurkan Enny berenang gy bebas & gy punggung. Semuanya utk memperkuat saraf & otot di sktr pinggang serta pinggul.
Bambang mngaku banyak melatih orang yg mempunyai mslh gangguan saraf. kbnykn yg ia latih ialah penderita saraf terjepit, akbt trjth, & mcm-mcm pemicu.

"Semuanya ats anjuran dkter, sesuai dg keluhannya," kata Bambang, yg melatih renang semenjak puluhan thn lalu. shg, bukan hanya gy bebas & punggung yg diajarkan. utk mrka yg memiliki keluhan trtntu, Bambang jg mengajarkan gy renang yg disarankan dkter, sesuai dg keadaan tiap-tiap orang yg menjalani terapi.

dkter spesialis olahraga Suharto memaparkan, renang mrpkan slh 1 terapi air (hydrotherapy), bagian dr proses penyembuhan saraf yg terganggu/bhkn rusak, sperti penderita stroke. utk mngtasi mslh saraf yg terjepit/tertekan, contohnya, gy punggung & dada akn mmbntu mmbka saraf-saraf tsb.Proses penyembuhan dlm air merangsang saraf sensorik, lalu merangsang sel-sel otak. "Di dlm air, tekanan tubuh mjd lbh ringan shg bisa menguatkan ketahanan otot," kata Suharto, Kamis lalu.

Di dlm air, anggota tubuh akn lbh gampang digerakkan & dilatih kelenturannya utk menguatkan otot-otot & sendi-sendi tubuh krn hlgnya gravitasi tubuh. ketimbang di darat, anggota tubuh lbh susah digerakkan krn ada kekakuan otot & persendian.
Sekretaris Perhimpunan Kedkteran Anti-Penuaan Indonesia ini mengatakan renang pd dsrnya dimanfaatkan utk melatih seluruh otot tubuh. sdgkn bg orang yg sakit, renang dibutuhkan utk melatih kmbli sistem otot, baik utk ketahanan otot, kekuatan otot, latihan stabilitas tubuh & ketahanan trhdp suhu, ataupun efek elektrolit.

"bila di air, yg sblmnya yg tak bisa berdiri, dia akn gampang berdiri & brjln dg lurus." Latihan bisa dlakukn scra bertahap sesuai dg kemampuan pasien. Melatih tangan dahulu sebagian, baru kmudian seluruhnya. bgtupun dg kaki.
Terapi ini dapat dlakukn kapan sj. namun lebih baik setidaknya 2 jam sesudah makan/sblm makan supaya metabolisme tubuh tak terpusat pd 1 titik.

Banyak mnfaat bisa diperoleh dr berenang. dg berenang, ketrsdiaan oksigen dlm tubuh mjd lbh baik shg mningkatkn daya kerja otot & oksigenasi otak. Renang jg memperlancar sirkulasi darah & mningkatkn penyerapan oksigen ke dlm jaringan saraf, mengurangi kekakuan otot, bikin jaringan sendi jd lbh lentur, mnrunkan rasa nyeri, mmberikn efek relaksasi, & mningkatkn kemampuan gerak anggota tubuh.

tapi terapi ini biasanya dlakukn sbg "alat" bantu. Obat-obatan ttap diperlukan utk mengurangi rasa sakit. Soal waktu pemulihan brgntung pd keadaan pasien. setiap orang membutuhkan waktu brbda. "Bisa lbh cepat/malah lbh lama."

tempo.co

Empat Cara supaya Tidur lbh Berkualitas

visit site cara cepat hamil yuk. sesudah seharian lelah beraktvts, istrht mjd kbthan terakhr sblm hari berakhr. tapi tnpa disadari trnyta msh ada yg blm bisa mrsakan nikmatnya beristrht di ats kasur utk melepas lelah.

mslh susah tidur kerap menghampiri shg jam tidur mjd berkurang, pdhl tubuh memerlukannya supaya tenaga kmbli pulih. di bawah ini 5 cara supaya tidur Anda lbh berkualitas.

1. jgn minum kopi
Kandungan kafein pd kopi akn bikin Anda terjaga. lbh baik perbanyak minum air mineral supaya tubuh tak dehidrasi. bila pengin tidur lbh nyenyak, minumlah susu sblm Anda bersiap tidur. Kandungan asam amino tryptophan pd susu diklaim dpt menenangkan tubuh shg mmbntu mempercepat proses tidur.

2. Jauhkan layar ponsel
msh banyak orang yg mmlih menonton/membaca artikel pd ponsel sblm mrka tidur. pdhl cahaya yg dipancarkan dr ponsel akn merangsang otak shg bikin tubuh ttap terjaga. bila susah utk tidur, lebih baik baca buku dlm cahaya yg ckp. bila dijadikan kebiasaan, membaca buku bisa jd alarm tubuh sbg tanda jika telah saatnya Anda utk tidur.

3. hndri minuman beralkohol
Alkohol kerap jd pelarian agar Anda bisa tertidur,/setidaknya sadarkan diri. tapi trnyta sifat alkohol malah akn merusak siklus tidur Anda. disamping itu, alkohol dpt merusak sistem metabolisme tubuh. Anda jg akn bangun dlm kondisi pusing bila minum alkohol sblm tidur.

4. Bersihkan kasur
Kegunaan utama kasur ialah utk tidur. jd optimalkan kasur utk tmpat Anda beristrht. Buatlah kasur Anda bersih & nyaman supaya waktu tidur Anda tak terganggu. Jauhkan hal-hal yg mngkin akn mengganggu tidur Anda, sperti suara TV/hewan peliharaan.

5. Buat tubuh rileks
Ada baiknya Anda dipijat/mandi dg aromaterapi supaya tubuh & pikiran lbh rileks sblm tidur. bila tubuh telah santai, tak akn butuh waktu lama supaya Anda bisa tertidur pulas.

tempo.co